Welcome Message

Welcome to My Blog ..... And thank you for coming ..... ^_^

Senin, 05 Maret 2012

Naskah Pidato Bertema Nasionalisme


Assalamualykum wr. wb.
Bapak Guru yang saya hormati,
dan teman-teman yang saya banggakan.
Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat  rahmat serta hidayah-Nya, kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun. Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas hal-hal yang berkenaan dengan nasionalisme.
Bapak Guru dan teman-teman sekalian, tentu kita mengenal arti dari nasionalisme, yaitu rasa cinta tanah air. Nasionalisme dapat disertai dengan rasa patriotism (rela berkorban). Kita tahu bahwa nasionalisme terbagi menjadi nasionalisme yang positif dan negative. Kali ini, saya akan membahas tentang nasionalisme yang positif, karena kita tahu, hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita.
Nasionalisme yang positif adalah nasionalisme yang disertai rasa toleransi, rendah hati, dan sikap patriotism yang positif. Kita tahu, toleransi adalah sikap tenggang rasa. Dalam bersikap nasionalisme yang positif, kita tidak boleh memandang rendah negara lain hanya karena sikap nasionalisme kita yang tinggi. Dalam hal ini, kita dapat mengistilahkannya sebagai paham chauvinism. Paham ini pernah diterapkan oleh Hitler di negaranya, dan dalam penerapannya, paham tersebut menimbulkan tindakan-tindakan yang melanggar HAM (Hak Asasi Manusia). Kita sebagai warga negara yang menjunjung tinggi perlindungan HAM, tidak sepatutnya berperilaku demikian.
Lalu yang selanjutnya, sikap rendah hati yang merupakan pendukung dan ciri dari sikap nasionalisme yang positif. Sikap rendah hati tidak jauh berbeda dengan sikap toleransi. Kita tidak boleh merasa satu-satunya ras yang paling tinggi martabatnya, karena hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan baik dalam negara kita maupun hubungan dengan luar negeri.
Kemudian sikap patriotism yang positif. Maksudnya adalah, rela berkorban namun kita tetap harus memperhatikan dan menimbang baik buruknya jika kita melakukan suatu tindakan. Kita harus paham, jika kita bertindak kita tidak boleh sembrono, tidak boleh sewenang-wenang, dan tetap harus memperhatikan hak asasi yang dimiliki oleh manusia. Jika kita sudah paham akan ketiga hal tersebut, yaitu mengenai toleransi, rendah hati, dan sikap patriotism yang positif dalam nasionalisme, kita akan mengerti dan menjiwai makna nasionalisme yang positif dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baiknya.
Teman-teman sekalian, kita sebagai siswa dapat menunjukkan sikap nasionalisme yang positif dengan melakukan beberapa hal positif, diantaranya :
·         Meraih prestasi yang tinggi dengan belajar sungguh-sungguh.
·         Mengikuti lomba-lomba olimpiade tingkat nasional sampai internasional.
·         Membuat ide-ide kreatif untuk meningkatkan kemajuan Indonesia.
·         Melestarikan budaya tradiosional Indonesia.
·         Mencintai produk dalam negeri, dsb.
Bapak Guru dan teman-teman sekalian, dewasa ini kita harus mampu membuktikan bahwa kita mempunyai rasa nasionalisme yang positif dan kita harus selalu selektif dalam menghadapi zaman globalisasi yang mendunia ini. Karena tentunya, akan banyak hal-hal yang dapat merusak dan mengurangi rasa nasionalisme kita. Kita tentu menyadari hal tersebut sudah mulai muncul dalam lingkungan kita. Jadi kita harus pintar-pintar menjaga kekokohan rasa nasionalisme kita.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata yang tidak berkenan di hati Bapak Guru dan teman-teman semua, saya mohon maaf.
Wassalamualykum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar